KATALAJU.COM

Copyright © KATALAJU
All rights reserved
Desain by : KATALAJU

Semarakkan Penyambutan Ramadhan, Pemko Pekanbaru Akan Gelar Festival Lampu Colok

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggelar lomba festival lampu colok pada Ramadhan 1444 Hijriyah/2023 Masehi ini.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, ST., M.Si menyebutkan, lomba festival lampu colok nanti akan dimulai malam ke-27 Ramadhan hingga malam takbiran Idul Fitri.

Agar festival lampu colok bisa lebih meriah, kata dia, pemerintah kota menginginkan kegiatan nanti bisa digelar secara berjenjang.

"Mulai dari rumah warga, tingkat RT, RW, hingga tingkat kota. Nanti akan ada hadiah dari Walikota Pekanbaru," ungkapnya, Jumat (3/3).

Seperti diketahui, festival lampu colok sendiri merupakan salah satu tradisi umat Islam khususnya di Bumi Lancang Kuning. Kegiatan ini dilaksanakan mulai malam 27 Ramadhan sampai malam takbiran Hari Raya Idul Fitri.

Biasanya, lampu colok dibuat dengan berbagai model, ada yang berbentuk miniatur masjid, lafaz Allah, Ayat Suci Alquran, serta simbol-simbol Islam lainnya.

Hiasan lampu ini biasanya dibuat dari kaleng/botol bekas. Dikaitkan di atas bingkai berupa menara kayu, berdiri tegak dan kokoh. Tingginya mencapai belasan hingga puluhan meter.

(Arya)

Komentar Via Facebook :